Bulukumba: Apparalang, Phinisi, dan Pantai 3 Warna

Bulukumba mungkin tidak setenar Bali atau Bunaken sebagai daerah wisata, tapi kabupaten di ujung Selatan pulau Sulawesi ini juga menyimpan sejuta pesona. Kabupaten Bulukumba memiliki garis pantai sepanjang 128 km dan membentang mulai dari sisi Timur, Selatan, hingga Barat.

Pantai Apparalang Bulukumba

Di sisi Timur Bulukumba tepatnya di Desa Ara terdapat onjek wisata Apparalang yang sedang mencuat di instagram dan media sosial lainnya. Panorama ke laut lepas dari atas dinding tebing yang menghadap ke laut memang sangat menarik untuk dijadikan latar foto selfie. Selain itu, pengelola membangun juga semacam dermaga di dasar tebing bagi pengunjung bernyali tinggi yang berani menuruni tangga yang cukup curam.

Pantai

Selanjutnya di sisi Selatan terdapat Tanjung Bira dan juga Pantai Ara. Kedua pantai ini terkenal dengan air laut tiga warna. Selain itu, pasirnya yang lembut seperti tepung terasa sangat nyaman di kaki.

torajaland.net - tanaberu bulukumba 1

Tidak hanya pantai, warisan budaya maritim juga menjadi pesona Bulukumba. Di desa Tana Beru yang sering juga disebut desa Phinisi, kita dapat melihat langsung proses pembuatan kapal-kapal phinisi berukuran besar yang keseluruhannya dikerjakan dengan cara tradisional. Keterampilan membangun kapal Phinisi ini sudah diwarisi warga Tana Beru secara turun temurun.

Oh ya, industri pariwisata Bulukumba masih dalam tahap pengembangan, oleh karena itu cocok untuk dikunjungi jika tidak terlalu mencari kemewahan dan layanan yang memanjakan dalam traveling. Hotel-hotel dan homestay dengan pelayanan yang baik sudah ada, demikian juga restoran tapi jumhlahnya tidak banyak.