Makassar, tak hanya sekadar persinggahan

Sejak abad ke-16, Makassar telah menjadi pusat perdagangan yang berperan penting di wilayah Asia Tenggara. Kini, kota Makassar adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan dan berperan sebagai gerbang utama Sulawesi, serta kota transit untuk menjangkau daerah-daerah di kawasan Timur Indonesia.

Kota Makassar terletak di tepian Selat Makassar dengan pantai Losari sebagai salah satu tempat terbaik dan termudah untuk menikmati panorama matahari terbenam. Pantai Losari di Makassar masih termasuk dalam wilayah kota sehingga sangat mudah dijangkau. Jika menginap di hotel-hotel di kawasan pantai, kita bahkan dapat menikmati sunset dari tempat tidur.

Makassar adalah surga bagi penggemar wisata kuliner. Makassar memiliki koleksi kuliner tradisional yang khas seperti Coto Makassar, Sop Konro, Sop Saudara, Palibasa, Pisang Epe', Pisang Ijo, dan Es Teler. Selain itu, Makassar memiliki koleksi restoran masakan laut (sea food) dengan harga terjangkau.

Menemukan penginapan di Makassar bukanlah hal yang sulit, karena hotel & homestay tersedia dalam berbagai tingkat kelengkapan fasilitas dan juga tersebar cukup merata di seluruh wilayah kota.

Dari kota Makassar, pulau-pulau cantik berpasir putih hanya beberapa menit jauhnya. Selain itu, terdapat pula Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang terkenal dengan air terjun dan juga kawasan konservasi kupu-kupu, letaknya hanya 45 km dari Makassar.