Kuliner Makassar: Coto Makassar & Sop Konro

Kota Makassar sudah lama terkenal dengan pesona kulinernya mulai dari sop daging, seafood, hingga jajanan dan makanan ringan. Di antara semua pilihan kuliner Makassar, rasanya belum ke Makassar kalau belum mencicipi hidangan Coto Makassar & Sop Konro.

  • Coto Makassar
    Coto Makassar berupa sop daging dengan kuah bumbu kaldu yang terbuat dari sereh, laos, ketumbar, bawang merah dan putih, daun salam dan daun jeruk. Selain daging, bisa juga dipilih campuran dari usus, hati, paru, dan otak sapi. Biasanya, Coto Makassar dinikmati dengan tambahan ketupat atau burasa (varian lokal Makassar untuk lontong tapi bentuknya lebih pipih).

    Coto Makassar adalah ikon kuliner Makassar yang sangat digemari oleh warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Makassar. Walaupun warung coto dapat ditemukan di hampir setiap penjuru kota, warung coto paling favorit di Makassar adalah Coto Aroma (Coto Gagak) di Jalan Gagak, Coto Paraikatte' di Jalan AP Pettarani, dan Coto Ranggong di Jalan Ranggong.

  • Sop Konro dan Konro Bakar Makassar
    Sop Konro adalah Sup/Sop iga sapi khas dari Makassar dengan kuah coklat kehitaman yang berasal dari buah kluwak. kata "konro" sendiri artinya iga sapi. Kuah sop konro Makassar menggunakan banyak rempah-rempah seperti bawang, ketumbar, kemiri dan merica, cengkeh, dan kayu manis sehingga rasa dan aromanya begitu kuat. Adapun iga (konro) biasanya dimasak langsung dan dihidangkan dalam kuah sop, namun dapat juga divariasikan dengan iga (konro) bakar yang disajikan terpisah dari kuah sop yang kini dikenal dengan nama Sop Konro Bakar.

    Seperti Coto Makassar, Sop Konro juga biasanya disajikan dengan ketupat atau burasa. Di Makassar, Warung Sop Konro Karebosi di Jalan Gunung Lompobattang adalah yang paling digemari untuk menyantap hidangan Sop Konro.