Kuliner Makassar: Sop Saudara & Pallubasa

Selain Coto & Sop Konro, Makassar masih memiliki sejumlah koleksi hidangan untuk wisata kuliner. Berikut ini, dua jenis sop daging yang juga tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Makassar, yaitu Sop Saudara dan Pallubasa.

  • Sop Saudara
    Sop saudara adalah sop daging sapi dengan kuah santan, dengan campuran bihun, potongan daun bawang dan kentang goreng. Bumbu lainnya adalah ketumbar, merica, pala, kayu manis, lengkuas dan sirih yang making menguatkan rasa sop. Selain daging, seringkali sop saudara diberi tambahan jeroan dan juga paru goreng.
    Sop saudara disajikan dengan nasi putih atau ketupat, dan paling sedap dinikmati bersama telur rebus dan ikan bolu (ikan bandeng) bakar yang diberi bumbu kacang. Di Makassar, warung Sop Saudara yang paling laris terdapat di Jalan Irian dan di Jalan Andalas.
  • Pallubasa
    Pallu basa lagi-lagi adalah sop daging dan jeroan sapi/kerbau atau ikan, dengan kuah yang kental dengan serbuk parutan kelapa yang disangrai. Saat dituang dalam mangkok, kuah pallubasa yang masih panas dapat juga ditambah dengan kuning telur ayam kampung untuk rasa yang lebih kuat.

    Pallubasa Serigala (terletak di Jalan Serigala) dan pallubasa onta (di Jalan Onta) adalah dua warung pallubasa yang paling laris di Makassar.