Manado, the prettiest in the East

"Manado is one of the prettiest in the East" - Alfred Russel Wallace.

Kota Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara, adalah sebuah kota yang indah. Terletak di pinggiran laut teluk manado dan dikelilingi pegunungan, Manado menjadi kota transit untuk menjangkau daerah-daerah wisata yang tersebar di sekitarnya seperti Bunaken, Lembeh, Tomohon dan Tondano. Manado sendiri dapat dijangkau dengan penerbangan ke Bandara Udara International Sam Ratulangi, kapal laut ke Pelabuhan Bitung, dan juga melalui jalur darat Trans Sulawesi.

Penduduk Manado yang didominasi etnis Minahasa memiliki semboyan yang terkenal yaitu "Torang Samua Basudara" yang artinya "Kita semua bersaudara". Dari semboyan ini, jelas sekali semangat keramahan warga Manado yang sangat terbuka menyambut kehadiran wisatawan di daerah mereka.

Manado dan sekitarnya menawarkan hampir semua pesona alam yang dicari para wisatawan. Laut yang biru, pulau-pulau yang kecil tapi menawan, panorama bawah laut yang menakjubkan hingga Gunug-gunung berapi aktif dan danau-danau indah di daerah pegunungan semuanya tersedia dapat dijangkau dengan mudah dari Manado. Akomodasi tidak akan menjadi masalah, karena hotel dan penginapan tersedia baik di kota Manado maupun di kawasan-kawasan wisata di sekitarnya.

Wisata kuliner jangan sampai terlewatkan ketika berkunjung ataupun transit di Manado. Sejumlah masakan khas Manado yang terkenal pedas di antaranya rica-rica, woku, tinutuan atau bubur Manado, sup brenabon hingga klappertaart.