Wakatobi, tempat menyelam terbaik di dunia.

Wakatobi adalah sebuah daerah tujuan wisata bahari yang masih tergolong baru, karena daerah ini sebelumnya lebih dikenal dengan nama lain yaitu kepulauan Tukang Besi. Terletak di Sulawesi Tenggara, nama Wakatobi merupakan singkatan dari nama empat pulau utama di kepulauan ini, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi sendiri menjadi nama kabupaten dan juga nama Taman Nasional di wilayah tersebut.

Wakatobi-255

Wakatobi terletak di pusat Coral Triangle, menjadikan daerah ini surga bagi penikmat keindahan di bawah laut. Para penyelam dari seluruh dunia rela menempuh perjalanan panjang untuk menikmati pesona laut wakatobi. Demikian juga dengan peneliti dari dalam dan luar negeri yang tertarik mempelajari kekayaan flora dan fauna di tempat ini. Titik-titik penyelaman (dive points) tersebar di sekitar pulau Wangiwangi, Kaledupa, dan Tomia, namun yang terbaik terletak di sekitaran pulau Hoga, sebuah pulau indah yang bisa dicapai sekitar 30 menit dari pantai timur Kaledupa.

Untuk mencapai Wakatobi, saat ini telah tersedia penerbangan dari Makassar maupun Kendari ke bandara udara Matahora di Wangi-wangi, bandara utama di kepulauan wakatobi. Adapun jalur alternatif dapat menggunakan kapal laut dari pelabuhan kota bau-bau di pulau Buton. Dari Bau-bau tersedia pilihan kapal cepat (waktu tempuh sekitar 4 jam) dan kapal kayu biasa (waktu tempuh 9-12 jam tergantung kondisi gelombang).

Fasilitas penginapan di wakatobi tersedia dari yang sangat terjangkau hingga yang mewah dan mahal. Akomodasi berupa homestay paling banyak tersedia di Wanci, ibukota kabupaten Wakatobi yang terletak di pulau Wangi-Wangi. Selain homestay di Wanci, terdapat juga resort di pulau Tomia dan jika berkunjung ke pulau Hoga juga dapat menginap di homestay pulau tersebut.